Sabtu, 19 Januari 2013

Banyak Faktor Yang Dapat Memengaruhi Terjadinya Mobilitas Sosial

Faktor-faktor tersebut antara lain status sosial, kondisi ekonomi, situasi politik, pertambahan penduduk, dan petualangan. Faktor-faktor tersebut akan dijelaskan dalam materi berikut:

  • Status Sosial

Status sosial adalah tingkatan atau kedudukan sosial seseorang di masyarakat. Semakin tinggi status sosial seseorang, dia akan semakin dihormati. Mengapa? Karena biasanya orang yang berstatus sosial tinggi memiliki kekayaan, kekuasaan, dan peran sosial yang juga tinggi (besar). Oleh karena itu, semua orang akan selalu berusaha untuk mencapai status sosial yang lebih tinggi.

Setiap orang dalam masyarakat pasti ingin dihormati dan dihargai, karena itu ia ingin mendapatkan status sosial yang lebih baik. Jika ia hanya menjadi warga biasa, maka ia akan selalu berusaha agar dapat memiliki sesuatu yang lebih dari orang lain. Sesuatu tersebut dapat berupa kekayaan, pendidikan, atau pengetahuan yang lain.

Contohnya seorang pegawai pada perusahaan tertentu yang menjadi staf akan bekerja dengan giat, karena ia berharap kinerjanya dapat dinilai baik oleh pimpinannya, sehingga dapat naik jabatan, misalnya menjadi manajer. Dengan menjadi manajer perusahaan, berarti ia dapat meningkatkan status sosialnya. Ia akan lebih dihormati, berkuasa, dan sekaligus mendapatkan gaji yang lebih besar.

Proses pencapaian status sosial dalam masyarakat sering diwarnai dengan perbuatan-perbuatan yang menyimpang dan tidak mengindahkan nilai, norma, dan keberadaan orang lain. Sebutkan perilaku-perilaku menyimpang yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam proses pencapaian status sosialnya!
  • Kondisi Ekonomi

Kondisi ekonomi mempunyai fungsi penting dalam memperoleh penghargaan masyarakat. Terutama di kota-kota besar, kekayaan menjadi simbol utama dari status sosial. Gejala-gejala ini sebenarnya juga dijumpai pada masyarakat tradisional, hal ini biasanya sering dihubungkan dengan upacara-upacara adat. Tidak jarang upacara adat memerlukan biaya besar dan yang mampu mengadakannya hanyalah orang-orang yang secara material mampu. Oleh karena itu, setiap orang akan berusaha untuk meningkatkan keadaan ekonominya.

Orang yang miskin pasti sangat menginginkan kehidupannya berubah menjadi lebih kaya. Karena kemiskinan berarti memiliki status sosial yang rendah dan kurang dihargai oleh masyarakat. Oleh karena itu, ia termotivasi untuk bekerja dengan giat agar dapat menjadi lebih kaya. Contohnya pedagang kecil tentu akan berusaha untuk menjadi pedagang yang lebih besar. Ia akan berusaha dengan segala kemampuannya untuk membesarkan usahanya, sehingga setiap tahun diharapkan pendapatan usahanya akan terus meningkat.
  • Situasi Politik

Situasi politik bersifat dinamis, artinya setiap saat selalu berubah. Pada dunia modern di mana demokrasi dianggap sebagai acuan ketatanegaraan, maka politik menjadi pilihan yang sangat mudah untuk menaikkan status sosial seseorang ataupun suatu kelompok. Organisasi politik seperti partai politik, dapat memberi peluang besar bagi para anggotanya untuk naik dalam pertanggaan kedudukan.

Apalagi bila ia mempunyai kemampuan beragitasi, berorganisasi, dan sebagainya. Pada masyarakat yang demokratis di mana lembaga pemilihan umum memegang peranan penting dalam pembentukan kepemimpinan, organisasi-organisasi politik mempunyai peranan yang sama walaupun dalam bentuk yang lain.

Supaya seseorang terpilih, terlebih dahulu dia harus membuktikan dirinya sebagai orang yang mempunyai kepribadian yang baik, aspirasi-aspirasi yang baik, dan sebagainya. Hal itu paling mudah dapat dilakukan dengan cara menjadi anggota salah satu organisasi politik.

Politik adalah segala sesuatu yang dilakukan manusia dalam menetapkan suatu tujuan dan proses-proses dalam pencapaian tujuan tersebut. Politik biasanya berkaitan dengan proses pencapaian kekuasaan.

Contohnya seorang warga biasa dapat meningkatkan status sosialnya dengan cepat. Caranya yaitu dengan aktif dalam suatu partai politik tertentu. Melalui partai politik tertentu, seorang warga biasa dapat menjadi anggota DPR , kepala daerah atau bahkan dapat mencalonkan diri untuk menjadi presiden. Jika dalam pemilihan umum (pemilu) dapat memenangkan pemilihan pejabat, maka ia akan langsung dapat diangkat menjadi pejabat tertentu. Artinya, pada saat itu ia dapat langsung memiliki status sosial yang tinggi di masyarakat.
  • Pertambahan Penduduk

Pertambahan penduduk yang terus berkembang menyebabkan kepadatan yang tinggi. Akibat dari kepadatan penduduk ini adalah:
  1. kemiskinan,
  2. pendidikan rendah, dan
  3. kesehatan rendah.
Pada daerah yang berpenduduk padat, biasanya terdapat daerah kumuh (slums) yang identik dengan kehidupan miskin. Tentunya daerah-daerah padat di perkotaan menjadi sangat mengganggu kehidupan. Banyak tudingan negatif pada daerah kumuh tersebut seperti rawan kriminalitas, rawan penyakit, dan lain-lain.

Untuk mengatasi kepadatan penduduk tersebut, pemerintah melakukan tindakan dengan memindahkan sebagian penduduk tersebut ke daerah yang kurang padat penduduknya. Perpindahan ini dinamakan dengan Transmigrasi. Jadi, pada transmigrasi akan terjadi mobilitas sosial horizontal.
  • Petualangan

Salah satu sifat dasar dari manusia adalah rasa ingin tahu. Sifat inilah yang mendorong terjadinya petualangan. Tetapi sifat petualangan ini tidak selamanya berkembang pada diri manusia karena beberapa alasan. Alasan utamanya adalah masalah biaya. Sedangkan alasan lainnya adalah kemampuan fisik, takut perubahan, dan sebagainya. Petualangan menyebabkan orang ingin tahu daerah lain. Oleh karena itu, ia melakukan perpindahan tempat sementara, sehingga terjadi mobilitas sosial horizontal. Petualangan bersifat sementara, karena hanya berlangsung beberapa saat. Salah satu bentuk petualangan adalah pariwisata.

Contohnya orang-orang kota biasanya senang dengan berwisata. Mereka umumnya melakukan kegiatan wisata untuk menghilangkan kejenuhan setelah bekerja. Ada istilah weekend yang berarti liburan akhir pekan, yaitu berlibur ke luar kota pada hari Sabtu dan Minggu setelah bekerja keras di hari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar